Archive for 2011

Proposal

December 25, 2011

BAB I

Pendahuluan

1.1  Latar Belakang Masalah

Semakin berkembangnya teknologi pada saat ini, menyebabkan ikut berkembangnya teknologi yang kita gunakan pada kehidupan kita sehari-hari, khususnya Komputer. Komputer pada saat ini telah merambah ke segala aspek kehidupan, termasuk yang akan saya bahas kali ini yaitu dibidang musik. Komputer di bidang musik pada saat ini bisa dibilang sangat besar perannya, karena melalui komputer kita bisa menuangkan seluruh ide-ide bermusik kita menjadi sebuah music dan salah satu aspek penting untuk membuat musik di komputer, ialah DAW (Digital Audio Workstation).

DAW itu sendiri adalah sebuah sistem rekaman berbasis computer yang di rancang untuk menggantikan studio rekaman tradisional.

1.2  Identifikasi Masalah

1.2.1 Komputer Sebagai alat penunjang utama

1.2.2 Spesifikasi Minimum untuk DAW

1.2.3 Cara Pengoperasian DAW

1.3  Pembatasan Masalah

Untuk membuat musik dengan menggunakan komputer ini, yang menjadi masalah utama yang dihadapi ialah tersedia atau tidak nya komputer sebagai perangkat utama untuk menjalankan DAW ini. Kemudian, di beberapa komputer terkadang ada yang tidak memiliki spesifikasi minimum untuk menjalankan DAW, sehingga DAW tidak bisa beroperasi di komputer tersebut. Dan juga yang tidak kalah penting adalah cara pengoperasian DAW ini,

1.4  Perumusan Masalah

– Bagaimana Spesifikasi minimal untuk menjalankan DAW?

– Bagaimana Cara Mengoperasikan DAW?

1.5  Tujuan Penelitian

Untuk Membuka wawasan bahwasanya pada era teknologi seperti sekarang, untuk membuat musik sendiri baik dirumah ( home recording ) atau studio recording, sudah tidak membutuhkan alat-alat yang banyak dengan harga yang mahal, yang telah bisa digantikan beberapa diantaranya dengan software DAW ini.

1.6  Manfaat Penelitian

Dengan adanya ini diharapkan bahwa untuk membuat musik bisa tidak perlu membutuhkan alat-alat yang banyak seperti di studio, cukup dengan sebuah komputer dan software DAW ini kita sudah bisa memproduksi musik kita sendiri.

BAB II

Landasan teori & Hipotesis

Kebanyakan dari kita bahwasanya mengira bahwa untuk memproduksi sebuah musik dibutuhkan alat- alat yang lengkap, banyak dan mahal. Padahal sebaliknya di jaman teknologi yang sudah maju seperti sekarang, alat-alat tersebut sudah bisa digantikan secara digital dengan software DAW.

Software DAW memiliki segala kemampuan dari studio rekaman tradisional seperti multi track recording dan playback, juga penggunaan berbagai macam fx untuk mixing seperti compressor, reverb, dan EQ. DAW modern bahkan memiliki kemampuan yang tak dimiliki oleh sistem studio rekaman masa lalu seperti kemampuan undo, non destructive editing, vocal correction, drum replacement, amp simulator, dsb.

BAB III

Metodologi penelitian

a.       Tempat,objek dan waktu

Dilakukan dirumah, dan disela-sela kegiatan.

b.      Metode Penelitian

Untuk Metode Penelitian yang saya gunakan yaitu dengan cara Browsing di internet dan pengamatan secara langsung.

c.       Analisis Data Teknik

Analisa didapatkan berdasarkan fakta yang ditemui pada saat pengamatan secara langsung.

Gila…Roman Abramovich, Sekali Makan Habiskan 520 Juta

October 31, 2011

Roman Abramovich, salah satu orang terkaya di Russia dan pemilik kapal pesiar anti Paparazzi bernama Eclipse telah menghabiskan uang sebesar US$ 52.000 (sekitar Rp. 520 jutaan) hanya untuk satu kali makan siang. Iya, 500 juta, tidak salah denger kok (bon terlampir).

Makan siang yang dilakukan di Chelsea Football Club bersama sekitar 10 orang temannya itu memang tidak mahal tetapi karena pesan wine yang mahal-mahal maka terjadilah sebuah makan siang yang fantastis. 🙂

Bayangin aja, untuk satu botol wine harganya US$ 5.000 dan pesannya sampai 3 botol lagi belum yang lainnya.

Dan lebih gilanya lagi, seperti kita tahu uang tip di luar sana kan cukup besar jadi bayar tipnya saja 20% atau sama dengan US$ 7.328 (70 juta rupiah) tapi karena Roman cukup baik maka uang tip ditambah lagi sebesar US$ 5.000.

Rekor makan siang yang sama sebelumnya dipecahkan oleh Jay-Z dengan total US$ 1.700 tetapi setelah si Roman datang, tentu sudah tidak masuk hitungan lagi si Jay-Z.

Wah kaya bener Roman Abramovich ! pingin dong ditraktir

10 Cara Memiliki Postur yang Bagus Sepanjang Usia

October 28, 2011

1. Peregangan
Kebanyakan orang menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk di depan komputer. “Peregangan dan meningkatkan jangkauan gerak adalah merupakan hal yang penting,” kata Jonathan F. Bean, MD, MS, MPH, sebuah asisten profesor di department of physical medicine and rehabilitation at Harvard Medical School di Boston.

Untuk menjaga tubuh tetap lentur, cobalah untuk bangun selama beberapa menit setiap setengah jam dan melakukan peregangan, berjalan, atau hanya sekedar berdiri.

2. Melakukan latihan ringan
Cobalah latihan ini: Setiap pagi dan malam, berbaring di lantai dan melakukan relaksasi dengan meletakkan kedua tangan seolah-olah melingkari kepala selama 2 atau 3 menit.

Untuk latihan tambahan, letakkan gulungan handuk di lantai, yaitu tepat di bawah tulang belakang, kemudian lakukan peregangan. “Tetapi lakukan peregangan ini secara perlahan-lahan dan berhentilah jika merasa tidak nyaman atau sakit,” kata Dr. Bean. “Jika ingin menyelesaikan latihan ini, pastikan bahwa sudah mendapatkan fleksibilitas terlebih dahulu,” tambah Dr. Bean.

3. Duduk lurus
“Bila harus bekerja dengan duduk di kursi, duduklah dengan baik, dengan postur tubuh tegak dan lurus merupakan kebiasaan yang baik,” kata Rebecca Seguin, PhD, seorang ahli physiologist and nutritionist di Seattle.

“Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan diri, disiplin latihan yang berfokus pada kesadaran tubuh, seperti pilates dan yoga, dapat membantu tubuh untuk tetap duduk lurus,” tambah Seguin. Pastikan tempat kerja Anda dikondisikan untuk dapat melakukan postur tubuh yang tepat.

4. Memperkuat otot
Pilates dan yoga adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan otot, otot-otot perut, dan daerah panggul. Otot-otot ini membentuk dasar dari postur yang baik, dan otot kuat dapat memiliki manfaat lain, yaitu mencegah urinary incontinence. Urinary incontinence adalah hilangnya kontrol kandung kemih. Sebuah otot yang kuat bahkan dapat membuat seks lebih menyenangkan.

5. Lakukan Yoga
Selain membantu untuk meningkatkan kesadaran tubuh dan kekuatan otot, menurut Dr Bean yoga juga merupakan cara terbaik untuk membangun dan mempertahankan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot seluruh tubuh.

Mulailah berlatih yoga secara bertahap dan mengamati respon tubuh. Pastikan guru yoga mengerti kebutuhan dan kemampuan Anda. Hatha atau yoga restoratif adalah latihan yang baik untuk memulai latihan bagi seorang pemula.

6. Perkuat tulang belakang
Setelah menopause, otot-otot sekitar tulang belakang perempuan mungkin telah melemah lebih parah dibandingkan dengan laki-laki. Latihan khusus untuk otot ekstensor punggung, fleksor leher, otot-otot panggul, dan otot samping merupakan latihan yang penting.

Pelatih dapat membantu, bahkan ada alat-alat khusus untuk latihan khusus otot-otot ini. Menurut Dr. Bean, ketahanan tulang belakang dan batang otot juga penting. Hal itulah yang membuat tubuh tetap dapat berdiri tegak tanpa rasa yang menyakitkan.

7. Angkat beban
Vertebral compression fractures dapat mengurangi tinggi badan dan merupakan ciri dari usia tua. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit osteoporosis yang mengakibatkan menipisnya tulang.

Wanita dan laki-laki dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan beberapa latihan, seperti berjalan, memanjat tangga, dan angkat beban. “Orang yang melakukan jalan kaki secara teratur selama hidup mereka cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih baik,” jelas Seguin.

8. Vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, dan juga dapat membantu menjaga otot. Cobalah untuk mendapatkan vitamin D dari makanan yang sehat. Sebuah laporan terbaru dari Institute of Medicine menyatakan bahwa, kebanyakan orang mendapatkan vitamin D yang cukup dari makanan dan sinar matahari tanpa mengonsumsi suplemen. Asupan diet yang dianjurkan untuk vitamin D adalah 600 IU sehari untuk wanita < 70 tahun dan 800 IU untuk wanita > 70 tahun.

9. Mengonsumsi makanan yang sehat
Tentunya kita semua tahu bahwa kalsium baik bagi tulang. Disarankan bahwa wanita usia 19-50 tahun mendapatkan 1.000 mg kalsium sehari-hari. Untuk wanita lansia mendapatkan 1.200 mg. Tetapi asupan kalsium yang terbaik adalah dari makanan dibandingkan dengan suplemen.

Institute of Medicine baru-baru ini menemukan bahwa kebanyakan orang, kecuali gadis-gadis remaja, mendapatkan cukup kalsium dari asupan makanan sehari-hari. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memakai suplemen kalsium memiliki risiko tinggi serangan jantung dan batu ginjal.

Berkonsultasilah dengan dokter apakah perlu mengonsumsi suplemen kalsium. Selain vitamin D, untuk mendapatkan manfaat vitamin lainnya sebaiknya mendapatkannya dari makanan alami dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen.

10. Pertimbangkan untuk melakukan cek kesehatan
Dokter dapat memberitahu Anda apakah perlu melakukan pemerikasaan kepadatan mineral tulang untuk mendeteksi osteopenia atau osteoporosis. Meskipun Seguin mengatakan bahwa, kegiatan seperti pelatihan resistensi progresif pada beberapa kasus dapat menghentikan proses pengkeroposan tulang, namun obat-obatan juga dapat membantu. Obat-obatan ini termasuk bifosfonat seperti Boniva, Reclast, dan Fosamax.

Meskipun aman, obat-obatan tersebut dapat meningkatkan risiko patah tulang atau masalah lain, namun jarang terjadi. Hormon dalam bentuk obat dapat membantu membangun kepadatan tulang termasuk Evista (raloxifene), kalsitonin, dan hormon paratiroid.

 

Sumber : kaskus.us

Kesalahan Penalaran

October 28, 2011

Penalaran adalah suatu proses berpikir manusia untuk menghubung-hubungkan data atau fakta yang ada sehingga sampai pada suatu simpulan.

Salah nalar dapat terjadi di dalam proses berpikir utk mengambil keputusan. Hal ini terjadi karena ada kesalahan pada cara penarikan kesimpulan. Salah nalar lebih dari kesalahan karena gagasan, struktur kalimat, dan karena dorongan emosi.

Salah nalar ada dua macam:

  1. Salah nalar induktif, berupa :

    1. kesalahan karena generalisasi yang terlalu luas,

    2. kesalahan penilaian hubungan sebab-akibat,

    3. kesalahan analogi.

2. Kesalahan deduktif dapat disebabkan :

  1. kesalahan karena premis mayor tidak dibatasi;

  2. kesalahan karena adanya term keempat;

  3. kesalahan karena kesimpulan terlalu luas/tidak dibatasi; dan

  4. kesalahan karena adanya 2 premis negatif.

Fakta atau data yang akan dinalar itu boleh benar dan boleh tidak benar.

Pengertian dan contoh salah nalar :

  1. Gagasan,

  2. pikiran,

  3. kepercayaan,

  4. simpulan yang salah, keliru, atau cacat.


Dalam ucapan atau tulisan kerap kali kita dapati pernyataan yang mengandung kesalahan. Ada kesalahan yang terjadi secara tak sadar karena kelelahan atau kondisi mental yang kurang menyenangkan, seperti salah ucap atau salah tulis misalnya.

Ada pula kesalahan yang terjadi karena ketidaktahuan, disamping kesalahan yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu. Kesalahan yang kita persoalkan disini adalah kesalahan yang berhubungan dengan proses penalaran yang kita sebut salah nalar. Pembahasan ini akan mencakup dua jenis kesalahan menurut penyebab utamanya, yaitu kesalahan karena bahasa yang merupakan kesalahan informal dan karena materi dan proses penalarannya yang merupan kesalahan formal.

Gagasan, pikiran, kepercayaan atau simpulan yang salah, keliru, atau cacat disebut sebagai salah nalar.

Berikut ini salah nalar yang berhubungan dengan induktif, yaitu :

A. Generelisasi terlalu luas

Contoh : perekonomian Indonesia sangat berkembang

B. Analogi yang salah

Contoh : ibu Yuni, seorang penjual batik, yang dapat menjualnya dengan harga terjangkau. Oleh sebab itu, ibu Lola seorang penjual batik, tentu dapat menjualya dengan harga terjangkau.

Jenis – jenis salah nalar

  1. Deduksi yang salah : Simpulan dari suatu silogisme dengan diawali premis yang salah atau tidak memenuhi persyaratan.

contoh :

  • Kalau listrik masuk desa, rakyat di daerah itu menjadi cerdas.

  • Semua gelas akan pecah bila dipukul dengan batu.

  1. Generalisasi terlalu luas

Salah nalar ini disebabkan oleh jumlah premis yang mendukung generalisasi tidak seimbang dengan besarnya generalisasi itu sehingga simpulan yang diambil menjadi salah.

Contoh :

  • Setiap orang yang telah mengikuti Penataran P4 akan menjadi manusia Pancasilais sejati.

  • Anak-anak tidak boleh memegang barang porselen karena barang itu cepat pecah.

  1. Pemilihan terbatas pada dua alternatif

Salah nalar ini dilandasi oleh penalaran alternatif yang tidak tepat dengan pemilihan jawaban yang ada.

Contoh :

  • Orang itu membakar rumahnya agar kejahatan yang dilakukan tidak diketahui orang lain.

  1. Penyebab Salah Nalar

Salah nalar ini disebabkan oleh kesalahan menilai sesuatu sehingga mengakibatkan terjadinya pergeseran maksud.

Contoh:

  • Broto mendapat kenaikan jabatan setelah ia memperhatikan dan mengurusi makam leluhurnya.

  • Anak wanita dilarang duduk di depan pintu agar tidak susah jodohnya.

  1. Analogi yang Salah

Salah nalar ini dapat terjadi bila orang menganalogikan sesuatu dengan yang lain dengan anggapan persamaan salah satu segi akan memberikan kepastian persamaan pada segi yang lain.

Contoh:

  • Anto walaupun lulusan Akademi Amanah tidak dapat mengerjakan tugasnya dengan baik.

  1. Argumentasi Bidik Orang

Salah nalar jenis ini disebabkan oleh sikap menghubungkan sifat seseorang dengan tugas yang diembannya.

Contoh:

  • Program keluarga berencana tidak dapat berjalan di desa kami karena petugas penyuluhannya memiliki enam orang anak.

Konsep dan simbol dalam penalaran

Penalaran juga merupakan aktifitas pikiran yang abstrak, untuk mewujudkannya diperlukan simbol. Simbol atau lambang yang digunakan dalam penalaran berbentuk bahasa, sehingga wujud penalaran akan akan berupa argumen. Kesimpulannya adalah pernyataan atau konsep adalah abstrak dengan simbol berupa kata, sedangkan untuk proposisi simbol yang digunakan adalah kalimat (kalimat berita) dan penalaran menggunakan simbol berupa argumen.

Argumenlah yang dapat menentukan kebenaran konklusi dari premis. Berdasarkan paparan di atas jelas bahwa tiga bentuk pemikiran manusia adalah aktivitas berpikir yang saling berkait. Tidak ada ada proposisi tanpa pengertian dan tidak akan ada penalaran tanpa proposisi.

Bersama – sama dengan terbentuknya pengertian perluasannya akan terbentuk pula proposisi dan dari proposisi akan digunakan sebagai premis bagi penalaran. Atau dapat juga dikatakan untuk menalar dibutuhkan proposisi sedangkan proposisi merupakan hasil dari rangkaian pengertian.

KESIMPULAN

Jadi, maksud dari penalaran adalah untuk menemukan kebenaran. Dan Kebenaran dapat dicapai jika syarat – syarat dalam menalar dapat dipenuhi :

  • Suatu penalaran bertolak dari pengetahuan yang sudah dimiliki seseorang akan sesuatu yang memang benar atau sesuatu yang memang salah.

  • Dalam penalaran, pengetahuan yang dijadikan dasar konklusi adalah premis. Jadi semua premis harus benar. Benar di sini harus meliputi sesuatu yang benar secara formal maupun material. Formal berarti penalaran memiliki bentuk yang tepat, diturunkan dari aturan – aturan berpikir yang tepat sedangkan material berarti isi atau bahan yang dijadikan sebagai premis tepat.

Referensi :

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/02/materi-1-penalaran-bahasa-indonesia/

http://queenchib.blogspot.com/2011/04/penalaran-induktif-dan-salah-nalar.html

http://diinnydwiiputriianti.blogspot.com/2011/02/penalaran-induktif-salah-nalar.html

Bahasa Indonesia/Sepitri

Ejaan yang disempurnakan

October 28, 2011

Ejaan yang disempurnakan

Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 1972. Ejaan ini menggantikan ejaan sebelumnya, Ejaan Republik atau Ejaan Soewandi.

Perbedaan dengan ejaan sebelumnya

Perbedaan-perbedaan antara EYD dan ejaan sebelumnya adalah:

  • ‘tj’ menjadi ‘c’ : tjutji → cuci
  • ‘dj’ menjadi ‘j’ : djarak → jarak
  • ‘j’ menjadi ‘y’ : sajang → sayang
  • ‘nj’ menjadi ‘ny’ : njamuk → nyamuk
  • ‘sj’ menjadi ‘sy’ : sjarat → syarat
  • ‘ch’ menjadi ‘kh’ : achir → akhir
  • awalan ‘di-‘ dan kata depan ‘di’ dibedakan penulisannya. Kata depan ‘di’ pada contoh “di rumah”, “di sawah”, penulisannya dipisahkan dengan spasi, sementara ‘di-‘ pada dibeli, dimakan ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya.

Sebelumnya “oe” sudah menjadi “u” saat Ejaan Van Ophuijsen diganti dengan Ejaan Republik. Jadi sebelum EYD, “oe” sudah tidak digunakan.

Untuk penjelasan lanjutan tentang penulisan tanda baca, dapat dilihat pada Penulisan tanda baca sesuai EYD

Tanda Titik (.)

1. Tanda titik dipakai pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.

2. Tanda titik dipakai pada akhir singkatan nama orang.

3. Tanda titik dipakai pada akhir singkatan gelar, jabatan, pangkat, dan sapaan.
4. Tanda titik dipakai pada singkatan kata atau ungkapan yang sudah sangat umum. Pada singkatan yang terdiri atas tiga huruf atau lebih hanya dipakai satu tanda titik.

5. Tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.
6. Tanda titik dipakai untuk memisahkan bilangan ribuan atau kelipatannya.
7. Tanda titik tidak dipakai untuk memisahkan bilangan ribuan atau kelipatannya yang tidak menunjukkan jumlah.

8. Tanda titik tidak dipakai dalam singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan atau organisasi, serta nama dokumen resmi maupun di dalam akronim yang sudah diterima oleh masyarakat.

9. Tanda titik tidak dipakai dalam singkatan lambang kimia, satuan ukuran, takaran, timbangan, dan mata uang.

10. Tanda titik tidak dipakai pada akhir judul yang merupakan kepala karangan, atau kepala ilustrasi, tabel, dan sebagainya.
Tanda Koma (,)

1. Tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.
2. Tanda koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara yang berikutnya, yang didahului oleh kata seperti, tetapi, dan melainkan.

3a. Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat apabila anak kalimat tersebut mendahului induk kalimatnya.

3b. Tanda koma tidak dipakai untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat apabila anak kalimat tersebut mengiringi induk kalimat.
4. Tanda koma dipakai di belakang kata atau ungkapan penghubung antara kalimat yang terdapat pada awal kalimat. Termasuk di dalamnya oleh karena itu,jadi, lagi pula, meskipun begitu, akan tetapi.

5. Tanda koma dipakai di belakang kata-kata seperti o, ya, wah, aduh, kasihan, yang terdapat pada awal kalimat.
6. Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.
7. Tanda koma dipakai di antara (i) nama dan alamat, (ii) bagian-bagian alamat, (iii) tempat dan tanggal, dan (iv) nama tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis berurutan.

8. Tanda koma dipakai untuk menceraikan bagian nama yang dibalik susunannya dalam daftar pustaka.

9. Tanda koma dipakai di antara bagian-bagian dalam catatan kaki.

10. Tanda koma dipakai di antara nama orang dan gelar akademik yang mengikutinya untuk membedakannya dari singkatan nama diri, keluarga, atau marga.

11. Tanda koma dipakai di muka angka persepuluhan atau di antara rupiah dan sen yang dinyatakan dengan angka.

12. Tanda koma dipakai untuk mengapit keterangan tambahan yang sifatnya tidak membatasi.

13. Tanda koma dipakai untuk menghindari salah baca di belakang keterangan yang terdapat pada awal kalimat.

14. Tanda koma tidak dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain yang mengiringinya dalam kalimat jika petikan langsung itu berakhir dengan tanda tanya atau tanda seru.

Tanda Titik Koma (;)

1. Tanda titik koma dapat dipakai untuk memisahkan bagian-bagian kalimat yang sejenis dan setara.
2. Tanda titik koma dapat dipakai untuk memisahkan kalimat yang setara di dalam suatu kalimat majemuk sebagai pengganti kata penghubung.

Tanda Titik Dua (:)

1. Tanda titik dua dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap bila diikuti rangkaian atau pemerian.

2. Tanda titik dua dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.

3. Tanda titik dua dipakai dalam teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.

4. Tanda titik dua dipakai (i) di antara jilid atau nomor dan halaman, (ii) di antara bab dan ayat dalam kitab-kitab suci, atau (iii) di antara judul dan anak judul suatu karangan.
5. Tanda titik dua tidak dipakai kalau rangkaian atau pemerian itu merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan.
Contoh: Kita memerlukan kursi, meja, dan lemari.

Tanda Hubung (-)

1. Tanda hubung menyambung unsur-unsur kata ulang.
2. Tanda hubung menyambung huruf kata yang dieja satu-satu dan bagian-bagian tanggal.

3. Tanda hubung dapat dipakai untuk memperjelas hubungan bagian-bagian ungkapan.

4. Tanda hubung dipakai untuk merangkaikan (a) se- dengan kata berikutnya yang dimulai dengan huruf kapital; (b) ke- dengan angka, (c) angka dengan -an, (d) singkatan berhuruf kapital dengan imbuhan atau kata, dan (e) nama jabatan rangkap.

5. Tanda hubung dipakai untuk merangkaikan unsur bahasa Indonesia dengan unsur bahasa asing.

Tanda Pisah (–, —)

1a. Tanda pisah em (—) membatasi penyisipan kata atau kalimat yang memberikan penjelasan khusus di luar bangun kalimat.
1b. Tanda pisah em (—) menegaskan adanya posisi atau keterangan yang lain sehingga kalimat menjadi lebih tegas.

2a. Tanda pisah en (–) dipakai di antara dua bilangan atau tanggal yang berarti sampai dengan atau di antara dua nama kota yang berarti ‘ke’, atau ‘sampai’.

2b. Tanda pisah en (–) tidak dipakai bersama perkataan dari dan antara, atau bersama tanda kurang (−).

Tanda Elipsis (…)

1. Tanda elipsis dipakai dalam kalimat yang terputus-putus, misalnya untuk menuliskan naskah drama.

2. Tanda elipsis menunjukkan bahwa dalam suatu kalimat atau naskah ada bagian yang dihilangkan, misalnya dalam kutipan langsung.

Jika bagian yang dihilangkan mengakhiri sebuah kalimat, perlu dipakai empat buah titik; tiga buah untuk menandai penghilangan teks dan satu untuk menandai akhir kalimat.
Contoh: Dalam tulisan, tanda baca harus digunakan dengan hati-hati ….

Tanda Tanya (?)

1. Tanda tanya dipakai pada akhir tanya.

2. Tanda tanya dipakai di dalam tanda kurung untuk menyatakan bagian kalimat yang disangsikan atau yang kurang dapat dibuktikan kebenarannya.

Tanda Seru (!)

Tanda seru dipakai sesudah ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, ataupun rasa emosi yang kuat.

Oleh karena itu, penggunaan tanda seru umumnya tidak digunakan di dalam tulisan ilmiah atau ensiklopedia. Hindari penggunaannya kecuali dalam kutipan atau transkripsi drama.

Tanda Kurung ((…))

1. Tanda kurung mengapit keterangan atau penjelasan.

2. Tanda kurung mengapit keterangan atau penjelasan yang bukan bagian integral pokok pembicaraan.

3. Tanda kurung mengapit huruf atau kata yang kehadirannya di dalam teks dapat dihilangkan.

4. Tanda kurung mengapit angka atau huruf yang memerinci satu urutan keterangan.
Contoh: Bauran Pemasaran menyangkut masalah (a) produk, (b) harga, (c) tempat, dan (c) promosi.

Hindari penggunaan dua pasang atau lebih tanda kurung yang berturut-turut. Ganti tanda kurung dengan koma, atau tulis ulang kalimatnya.

Tanda Kurung Siku ([…])

1. Tanda kurung siku mengapit huruf, kata, atau kelompok kata sebagai koreksi atau tambahan pada kalimat atau bagian kalimat yang ditulis orang lain. Tanda itu menyatakan bahwa kesalahan atau kekurangan itu memang terdapat di dalam naskah asli.

2. Tanda kurung siku mengapit keterangan dalam kalimat penjelas yang sudah bertanda kurung.

Tanda Petik (“…”)

1. Tanda petik mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan dan naskah atau bahan tertulis lain.

2. Tanda petik mengapit judul syair, karangan, atau bab buku yang dipakai dalam kalimat.

3. Tanda petik mengapit istilah ilmiah yang kurang dikenal atau kata yang mempunyai arti khusus.

4. Tanda petik penutup mengikuti tanda baca yang mengakhiri petikan langsung.

5. Tanda baca penutup kalimat atau bagian kalimat ditempatkan di belakangtanda petik yang mengapit kata atau ungkapan yang dipakai dengan arti khusus pada ujung kalimat atau bagian kalimat.

Tanda Petik Tunggal (‘…’)

1. Tanda petik tunggal mengapit petikan yang tersusun di dalam petikan lain.

2. Tanda petik tunggal mengapit makna, terjemahan, atau penjelasan kata atau ungkapan asing.

Tanda Garis Miring (/)

1. Tanda garis miring dipakai di dalam nomor surat dan nomor pada alamat dan penandaan masa satu tahun yang terbagi dalam dua tahun takwim.
2. Tanda garis miring dipakai sebagai pengganti kata tiap, per atau sebagai tanda bagi dalam pecahan dan rumus matematika.

Tanda garis miring sebaiknya tidak dipakai untuk menuliskan tanda aritmetika dasar dalam prosa. Gunakan tanda bagi ÷ .

Di dalam rumus matematika yang lebih rumit, tanda garis miring atau garis pembagi dapat dipakai.

3. Tanda garis miring sebaiknya tidak dipakai sebagai pengganti kata atau.

Tanda Penyingkat (Apostrof)(‘)

Tanda penyingkat menunjukkan penghilangan bagian kata atau bagian angka tahun.
Sebaiknya bentuk ini tidak dipakai dalam teks prosa biasa.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ejaan_Yang_Disempurnakan

Aplikasi – aplikasi pengolahan citra

October 10, 2011

program Imaging pada dasarnya alat untuk desainer grafis, dan dalam artikel ini saya akan daftar 5 program atas Imaging aku suka dan mengapa. Whats besar jenis perangkat lunak ini adalah bahwa bahkan orang yang non-profesional dapat menggunakan program pencitraan untuk menciptakan desain sederhana untuk proyek-proyek mereka.

Setiap orang yang menjadi desain komputer untuk bersenang-senang atau untuk hidup bisa menghargai bagaimana program imaging dapat membantu membuat tugas-tugas mereka lebih mudah. Dengan program pencitraan, orang dapat dengan mudah mengedit foto, membuat grafik, desain dibantu komputer dan proyek-proyek serupa.

editor gambar adalah salah satu program imaging yang paling populer dan sering digunakan yang membantu desainer membuat gambar hampir dari awal. Menawarkan berbagai alat lukisan yang sangat mirip dengan alat-alat melukis dasar, meskipun berbasis komputer. Hal ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan kualitas foto dan meretus mereka juga. Menggunakan aplikasi ini akan mengklasifikasikan foto Anda tersimpan atau scan gambar sebagai bitmap. gambar Bitmap sangat nyaman untuk retouching karena Anda bisa mendapatkan banyak detail. Namun, Anda mungkin punya masalah dengan resolusi pixel gambar.
Skyu Design Dot Com
Corel Painter
Program pencitraan sekarang tersedia baik di Windows dan Macintosh. Desainer dapat menggunakan program untuk membuat gambar yang terlihat alami dengan fitur freehand nya. Pengguna juga dapat memilih dari beberapa efek seperti cat minyak dan cat air dan mencetak output dalam kanvas atau kertas.

Skyu Design Dot Com
Corel Paint Shop Pro Photo

Ini merupakan program pencitraan untuk mengedit bitmap grafis dan vektor mengedit grafis. Hak untuk program awalnya dimiliki oleh Jasc Software Minneapolis. Hak untuk mendistribusikan program ini sekarang milik Corel Corporation setelah dibeli Jasc Software pada tahun 2004. Program, yang lebih dikenal sebagai Paint Shop dan sebagai pesaing Adobe Photoshop, dapat didownload sebagai shareware. Adobe Photoshop lebih populer dari program pencitraan karena pertama memiliki versi untuk Microsoft dan Apple Macintosh.

Skyu Design Dot Com
Adobe Photoshop

Program pencitraan dikembangkan oleh Adobe Systems dan dianggap sebagai favorit pasar dalam hal mengedit gambar, manipulasi gambar dan gambar bitmap. Versi terbaru Adobe Photoshop CS3 Extended yang dirilis hanya tahun ini. Ini adalah versi ketiga sejak Adobe Photoshop berganti nama produk. Ia menawarkan alat-alat baru, filter non-destruktif, 3D dan pencitraan ilmiah.

Skyu Design Dot Com
Corel Photo-Paint

Program pencitraan dibundel dengan Corel Draw Graphics Suite. Hal ini dapat membuat grafik dan memanipulasi gambar. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menghilangkan mata merah dalam foto. Program ini dapat didownload dari situs Corel sebagai freeware.

Skyu Design Dot Com
5. Microsoft Paint

Program pencitraan yang digunakan dikenal sebagai Kuas untuk Windows dan dapat ditemukan dibundel dengan Microsoft Windows. Pengguna dapat melakukan percobaan dengan campuran warna program ini memungkinkan bersamaan mengambil tiga warna. Ada banyak fungsi dimana pengguna dapat berlatih untuk meningkatkan keahliannya.

Imaging program tidak begitu mahal (beberapa bahkan tersedia secara gratis) terutama jika Anda memikirkan manfaat yang bisa diperoleh dari efek khusus yang menawarkan program ini. Namun, pilihan yang program imaging yang terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan Anda dan proyek.

Perubahan Teknologi

April 17, 2011

Baik kali ini saya mau membahas tentang perubahan….berhubung dikasih 2 opsi buat dikerjain yaitu sejarah sama teknologi…jadi ya saya ambil yang teknologi aja ya…hehe 😀

Oke langsung aja, teknologi itu pasti akan selalu berkembang dan ngga akan ada matinya karena sesuai dengan sifat manusia yang ingin selalu tahu dan tidak pernah puas akan sesuatu. Kalo kita liat pada jaman dulu mulai dari teknologi yang ga ada sama sekali lalu jadi komputer dengan ukuran sangat besar…kemudian mengecil terus mengecil hingga menjadi seukuran sekarang itu membuktikan bahwasanya teknologi selalu berubah-ubah sesuai zaman dan pola pikir manusianya itu sendiri. Dilihat dari zaman dulu yang teknologi komputer nya masi menggunakan pita, trus pindah ke IC, skrg ke microprosessor dari ukuran yang tadinya sebesar ruangan bisa diubah ke benda sebesar jempol doank kali…terbukti bahwa teknologi memang tidak akan pernah mati.

Tidak hanya komputer setelah itu diciptakan notebook / laptop, dengan ukurannya yang tipis, kemampuan dari laptop/notebook ini tidak kalah dengan komputer, namun untuk perkembangannya laptop ini tidak secepat komputer(pc) karena proses untuk mengembangkan nya lebih sulit daripada komputer yang memiliki bahan2 yang lebih besar. laptop juga termasuk salah satu perubahan teknologi pada masa kini, ada nya sebuah kebutuhan dimana sebuah komputer yang dapat dibawa kemana-mana. dan akhirnya lahirlah teknologi laptop ini, sama dengan komputer juga bahwa laptop ini pun tidak akan pernah selesai masa perkembangannya.

Selain 2 barang diatas adalagi sekarang yang sangat ngetrend adalah handphone, mulai dari handphone yang awalnya berukuran besar dan jhanya bisa mengirim pesan dan menelpon saja, sekarang handphone sudah sangat berkembang pesat dimana handphone sudah memiliki sistem operasi sendiri layaknya komputer dan laptop. fitur-fitur dari handphone sudah sangat beragam hampir menyamai komputer ataupun laptop, mulai dari chatting, push mail, menonton tv, memutar video, ataupun yang lainnya. contoh nya ada pada blackberry, blackberry ini sudah memiliki operasi sistem nya sendiri yang disebut blackberry OS, dan juga ahandphone ini memilik sistem yang sama dengan komputer seperti YM,BBM(yang bahkan tidak dipunyai komputer),merekam video,memutar video,dll.. lagi2 ini menunjukkan bahwasanya perubhan teknologi itu pasti adanya dan benar-benar tidak akan berhenti entah sampai kapan.

Mitos tentang Google

April 17, 2011

Beberapa fakta dan mitos di bawah ini saya ambil dari halaman Google Facts & Fiction, mungkin ada di antaranya yang jadi pertanyaan Anda juga selama ini tapi belum pernah membaca dari sumbernya? Mari kita simak.

Mitos-1: Memasang iklan di Google (PPC Adwords) akan mempengaruhi peringkat website Anda di hasil pencarian (SERP). Faktanya adalah peringkat website Anda tidak dipengaruhi oleh apakah Anda beriklan di Google atau tidak.

Mitos-2: Program pertukaran link atau program “FFA” (free for all) akan meningkatkan ranking website Anda. Faktanya adalah bahwa seringkali program pertukaran link lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Di samping manfaatnya yang kecil, penyedia layanan program pertukaran link seringkali memanfaatkan email address Anda tanpa permisi yang meningkatkan email masuk yang tidak Anda inginkan ke mailbox Anda.

Mitos-3: Penggunaan program pengecek ranking otomatis akan menghemat waktu para webmaster untuk menilai eksistensi website mereka. Faktanya adalah bahwa penggunaan program otomatis seperti itu akan memboroskan sumber daya yang seharusnya bisa dipakai untuk melayani keperluan yang lebih bermanfaat. Pemakaian program otomatis tersebut menyalahi TOS dan Google meminta para webmaster tidak menggunakannya.

Mitos-4: Pesaing Anda bisa mengacaukan ranking website Anda dan bahkan membuat website Anda tidak terindeks oleh Google. Faktanya adalah hampir tidak ada peluang bagi pesaing Anda untuk merusak peringkat atau menghilangkan website Anda dari index Google. Peringkat dan kehadiran website Anda di index Google sepenuhnya berada dalam kontrol Anda sebagai webmaster, termasuk dalam hal konten dan desain website.

Mitos-5: Website Anda akan dihapus dari index Google bila Anda terlalu sering melakukan submit URL. Faktanya adalah: Google tidak menganjurkan Anda submit URL dan tidak juga melarangnya. Anda bebas mendaftarkan website Anda sesering yang Anda mau, tapi proses pendaftaran URL mengikuti jadwal yang ditentukan oleh Google, jadi lebih baik waktu dan tenaga Anda digunakan untuk meningkatkan kualitas konten dan tautan website Anda.

Mitos-6: Website Anda tidak akan diindeks oleh Google bila menggunakan format ASP (atau format non-html lainnya). Faktanya adalah: Google mampu mengindeks hampir semua jenis file, termasuk di antaranya file-file berformat pdf, asp, jsp, html, shtml, xml, doc, xls, ppt, rtf, wks, lwp, wri, swf, cfm, dan php.

Mitos-7: Hosting website di server tertentu seperti Apache dan IIX akan memberi keuntungan bagi ranking website Anda. Faktanya adalah: Google tidak membedakan jenis server yang Anda pakai dalam menilai peringkat website, gunakan jenis server apa pun yang paling cocok dengan Anda.

Mitos-8: Bila akses website Anda lambat, hal itu akan mempengaruhi peringkat website Anda. Faktanya adalah: kecepatan loading website tidak mempengaruhi peringkat website Anda, tetapi bila server Anda mati atau koneksi terputus yang mengakibatkan website Anda tidak bisa diakses maka halaman website Anda tidak diindeks oleh Google.

13 Hal Yang Membedakan Masyarakat Jepang Dan Indonesia

April 17, 2011

1. Ketika di kendaraan umum:
Jepang: Orang2 pada baca buku atau tidur.
Indonesia: Orang2 pada ngobrol, ngegosip, ketawa-ketiwi cekikikan, ngelamun, dan tidur.

2. Ketika makan dikendaraan umum:
Jepang: Sampah sisa makanan disimpan ke dalam saku celana atau dimasukkan ke dalam tas, kemudian baru dibuang setelah nemu tong sampah.
Indonesia: Dengan wajah tanpa dosa, sampah sisa makanan dibuang gitu aja di kolong bangku/dilempar ke luar jendela.

3. Ketika dikelas:
Jepang: Yang kosong adalah bangku kuliah paling belakang.
Indonesia: Yang kosong adalah bangku kuliah paling depan.

4. Ketika dosen memberikan kuliah:
Jepang: Semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan dengan serius.
Indonesia: Tengok ke kiri, ada yg ngobrol. Tengok ke kanan, ada yg baca komik. Tengok ke belakang, pada tidur. Cuman barisan depan aja yg anteng dengerin, itu pun karena duduk pas di depan hidung dosen!

5. Ketika diberi tugas oleh dosen:
Jepang: Hari itu juga, siang/malemnya langsung nyerbu perpustakaan atau browsing internet buat cari data.
Indonesia: Kalau masih ada hari esok, ngapain dikerjain hari ini!

6. Ketika shalat jum’at dimesjid:
Jepang: Jamaah berebut duduk di shaf terdepan.
Indonesia: Jamaah berebut nyari tempat pw (posisi wuenak) di deket tembok paling belakang biar bisa nyender/di bawah kipas angin biar gak kepanasan & tidurnya nyenyak.

7. Ketika terlambat masuk kelas:
Jepang: Memohon maaf sambil membungkukkan badan 90 derajat, dan menunjukkan ekspresi malu + menyesal gak akan mengulangi lagi.
Indonesia: Slonong boy & slonong girl masuk gitu aja tanpa bilang permisi ke dosen sama sekali.

8. Ketika dijalan raya:
Jepang: Mobil sangat jarang (kecuali di kota besar). Padahal jepang kan negara produsen mobil terbesar di dunia, mobilnya pada ke mana ya?
Indonesia: Jalanan macet, sampe2 saya susah nyebrang & sering keserempet motor yg jalannya ugal-ugalan.

9. Ketika jam kantor:
Jepang: Jalanan sepiiiii banget, kayak kota mati.
Indonesia: Ada Oknum pake seragam coklat2 pada keluyuran di mall-mall.

10. Ketika buang sampah:
Jepang: Sampah dibuang sesuai jenisnya. Sampah organik dibuang di tempat sampah khusus organik, sampah anorganik dibuang di tempat sampah anorganik.
Indonesia: Mau organik kek, anorganik kek, bangke binatang kek, semuanya tumplek jadi 1 dalam kantong kresek.

11. Ketika berangkat kantor:
Jepang: Berangkat naik kereta/bus kota. Mobil cuma dipake saat acara keluarga atau yg bersifat mendesak aja.
Indonesia: Gengsi dooonk… Masa’ naik angkot?!

12. Ketika janjian ketemu:
Jepang: Ting…tong…semuanya datang tepat pada jam yg disepakati.
Indonesia: Salah 1 pihak pasti ada dibiarkan sampai berjamur & berkerak gara2 kelamaan nunggu!

13. Ketika berjalan dipagi hari:
Jepang: Orang2 pada jalan super cepat kayak dikejar doggy, karena khawatir telat ke kantor/sekolah.
Indonesia: Nyantai aja cing…! Si boss juga paling datengnya telat!

Jangan Berisik Setelah pkl 10pm di India !

April 17, 2011

Malam, waktu yang digunakan orang pada umumnya untuk melepas lelah dengan tidur. Namun pernahkan merasa kesal karena tidak bisa tidur dengan nyenyak dan pulas akibat kebisingan dari polusi suara?

Pemerintah India punya cara tersendiri untuk mengatasi kebisingan polusi suara di malam hari. Dengan melarang penggunaan alat musik, peralatan konstruksi, alat pemecah yang menimbulkan suara keras dan pengeras suara selama malam hari berkisar antara pukul 10pm hingga pukul 06am.

Para ahli di Badan Pengendalian Pencemaran India – Central Pollution Control Board (CPCB), menyatakan bahwa orang-orang mengalami gangguan tidur uang penyebab utamanya adalah insomnia dan depresi. Sehingga dengan adanya peraturan ini dapat membantu orang-orang yang tinggal di wilayah pemukiman yang bising.

Menurut menteri lingkungan India, Jairam Ramesh, Wilayah kunci dari peraturan ini tepatnya pada kawasan hunian dan zona sensitif seperti sekolah dan rumah sakit. Dia juga mengumumkan fasilitas infrastruktur bahwa pemerintah merencanakan dalam lima tahun mendatang untuk menurunkan polusi suara.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh CPCB, di sebagian besar kota besar di India, tingkat kebisingan 20-25% lebih dari 55 desibel yang diizinkan di wilayah pemukiman. Sebuah proyek percontohan di Delhi menunjukkan bahwa, pada rata-rata, tingkat desibel di Delhi adalah 66-70 desibel, dan yang terburuk di Kolkata, di mana itu adalah antara 69-76 desibel.

sumber : http://www.mamasipenk.co.cc/2011/04/jangan-berisik-setelah-pkl-10pm-di.html